menu

Senin, 24 April 2017

Cara Mengajukan Bantuan SIM-Sarpras Online 2017

Bismillahir rohmanir rohim



SIM Sarpras merupakan aplikasi yang  diperuntukan untuk madrasah dan pondok pesantren untuk memudahkan dalam proses pengajuan bantuan. Madrasah  dan Pondok Pesantren yang ingin mengajukan bantuan cukup dengan memilih  jenis bantuan yang akan diajukan. Tidak diperlukan kembali  untuk membuat proposal dalam bentuk hardcopy.


           
Dimana syarat utama  Madrasah dan Pondok Pesantren yang bisa   mengajukan bantuan  hanya yang sudah terdaftar di EMIS SDM, dan sudah melakukan entri data. Karena data  yang digunakan untuk dasar penilaian bantuan sarpras diambil dari EMIS SDM.           

Modul lembaga diperuntukan untuk  madrasah  maupun pondok pesantren dalam mengajukan proses bantuan. Ada beberapa sub-modul yang dapat dilakukan oleh lembaga. Berikut diantaranya :

1. Mengajukan bantuan         
2. Update profil data  sarpras           
3. Monitoring  proses  pengajuan bantuan    

A. PENGAJUAN BANTUAN

Untuk proses pengajuan bantuan lembaga Madrasah/Pondok Pesantren ada 2 (dua) syarat  wajib yang harus dipenuhi :   

  • 1.    Memiliki akun EMIS SDM yang sudah diaktifasi.
Jika sudah pernah aktifikasi akun EMIS atau pernah upload emis maka tidak perlu aktivasi ulang, cukup lagin melalui user name dan password operator emis.
Apabila belum pernah upload emis maka silahkan daftar dulu di akun EMIS SDM dengan cara sebagai berikut :
·         Browsing ke laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/daftar.php
·         Isi form registrasi dengan lengkap
·         Lanjutkan dengan klik menu “selanjutnya”


  •  2.   Sudah melakukan upload data pada EMIS SDM.      

Pada tahapan ini setiap lembaga wajib upload data emis, ini  sudah kita lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017 ini. Kita tinggal menunggu hasil upload emis dari emis pusat.

UPDATE PROFIL SARPRAS

Untuk mengupdate profil sarpras kita login melalui laman http://pendis.kemenag.go.id/sarprasapp/
Masukkan user name dan password operator emis.
 
Setelah berhasil login ke aplikasi SIM Sarpras, hal pertama  yang diwajibkan adalah melakukan Update Profil.  Hal ini diperlukan untuk bisa melanjutkan proses pengajuan bantuan.


           
1. Klik  Menu Profil Lembaga
2. Klik Tombol Update Profil  
3. Jika proses update berhasil maka  : Data  Umum, Sarana dan Prasarana, PTK dan Siswa akan terisi, sesuai data terakhir yang di Upload pada Emis.

PROSES PENGAJUAN BANTUAN 
      
Proses  pengajuan bantuan cukup dengan memilih   jenis bantuan, dengan beberapa ketentuan: hanya   bisa melakukan permohonan sekali   dalam  satu jenis bantuan. Jika tahun sebelumnya    sudah mendapatkan bantuan maka ditahun berikutnya tidak dapat mengajukan  bantuan yang sama selama minimal maksimal 5 tahun ke  depan.

Adapun Proses  pengajuan bantuan  sebagai berikut   :          
1. Klik  Menu  Bantuan         
2. Klik  Daftar Bantuan 
         
3. Pilih Daftar  Bantuan yang  akan diajukan  dengan klik tombol Daftar 

4. Klik  Daftar Pengajuan Bantuan  
5. Lakukan Upload Dokumen yang dibutuhkan dan Upload Foto Kondisi Madrasah 

6. Klik  Daftar Pengajuan Bantuan  
7. Cetak Surat Pernyataan

Langkah selanjutnya adalah proses di tingkat Kabupaten/Kota, oleh sebab itu kita tunggu dan selalu pantau perkembangan melalui admin kabupaten.

Demikian semoga manfaat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar