Bismillahir rohmanir rohim

Aplikasi
SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web,
dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung
dengan internet. Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan
Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone
ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.
Dengan diluncurkannya aplikasi ini
seharusnya ada sosialisasi dari pihak terkait agar semua lembaga yang
berkepentingan dapat memahami cara kerja aplikasi ini, sekaligus mengetahui
apakah penilaian system online ini digunakan untuk semua lembaga yang akan
melaksanakan akreditasi atau tidak. Yang jelas sambil menunggu sosialisasi dan
sebagai latihan berikut langkah – langkah untuk mengakses atau
menggunakan aplikasi SisPenA S/M.
1. Login ke laman http://bansm.or.id/sispena atau bisa pada http://bansm.or.id dan klik banner SisPenA S/M
2. Masukkan user name dan password sekolah
Keterangan : User dan Password untuk login menggunakan NPSN sekolah masing-masing yang terdapat di data base Kemendikbud. Contoh di lembaga kami NPSN adalah 6071xxxx.
3. Pilih level sekolah untuk login
4. Isi secara lengkap form-form yang diminta
Catatan Penting .....!
Untuk NPSN dan Password perlu mendapatkan perhatian karena NPSN dan password ini nantinya akan selalu dibuat untuk login, oleh sebab itu disarankan agar NPSN tetap untuk user name dan tak perlu dirubah, sedangkan password silahkan dirubah dengan kata atau angka yang mudah diingat.
5. Setelah
selesai mengisi lengkap Profile Sekolah. Selanjutnya akan akan
masuk ke area penilaian evaluasi diri. Dalam
tabel sekolah ini tampil terdapat banyak button atau tombol. Aadapun tombol-tombol itu adalah :
- prasyarat akreditasi
- input evaluasi diri sekolah
- IPDIP
- Foto Pendukung dan
- Kartu Kendali
Berikut Penjelasan dari masing-masing tombol atau menu tersebut
1). Menu Prasyarat Akreditasi
Pada menu ini akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan "choose file"
Keenam dokumen tersebut adalah:
- surat ijin operasional,
- daftar siswa tiap kelas,
- data PTK,
- pernyataan pemberlakuaan kurikulum,
- Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan
- data sarana dan prasarana.
2). Menu Input Evaluasi Diri
Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada
standar isi dan seterusnya sampai selesai.
Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.
Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.
Sekolah bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.
Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.
Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan dibagian paling bawah seperti gambar dibawah ini.
Apabila anda sudah yakin dengan penilaian anda, klik tombol Simpan. Setelah menekan tombol Ok maka penilaian evaluasi diri telah selesai dan bisa langsun melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol "Lihat Hasil Penilaian". Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar,
Nilai akhir dan peringkat.
Admin sekolah bisa mengedit atau merubah data evaluasi diri sekolah kapan saja dengan menekan tombol menu "Edit EDS"
Jika ingin mencetak hasil penilaian evaluasi diri klik tombol "Print Format Laporan Individu"
3). Menu IPDIP
IPDIP adalah Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi dari Sekolah yang bersangkutan.
IPDIP ini bisa di upload (Unggah) secara langsung digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian. Klik tombol choose file untuk memilih dokumen IPDIP dan Pilih dokumen IPDIP anda. Dan klik Submit untuk mengirim .
4). Menu Foto Pendukung
Pada menu ini mengirimkan Foto sekolah sebanyak 5 buah yang menggambarkan sarana prasana serta kegiatan belajar. Dengan mengklik menu Foto sekolah.
5). Menu Kartu Kendali
Langkah terakhir dan sangat Penting….!! Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan.
Isi semua form yang tersedia dengan lengkap
Jangan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.
Demikian semoga manfaat, tutorial selengkapnya dapat diunduh disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar